Catatlah Memori Hidupmu

Ambil Hikmah Dibalik Kejadian

Cyber Crime (episode 1)

Saat sekarang ini, perkembangan teknologi semakin pesatnya. Salah satunya yaitu perkembangan dibidang publikasi, internet. Berjalan dengan perkembangan internet, banyak orang dapat melakukan aktivitas dan mencari infromasi dengan cepat dan tepat. Dengan fasilitas yang cukup memadai pada dunia internet seperti search engine memungkinkan berbagai pihak dapat mengumpulkan infromasi sesuai dengan keinginannya. Oleh karena itu, tidak jarang para pengembang lebih dalam jaringan dan sistem komputer memanfaatkan perkembangn teknologi internet saat ini. Tetapi, akhir-akhir ini dunia internet sering disalah-gunakan oleh orang-orang tertentu yang ingin mengambil keuntungan sendiri. 
Salah satunya yaitu Hacker. Hacker secara umum merupakan sekumpulan orang yang mempunyai kemahiran teknis serta kegemaran menyelesaikan masalah dan mengatasi keterbatasan. Hacker adalah orang-orang yang membangun internet, membuat sistem operasi Unix menjadi seperti sekarang, mengoperasikan Usenet, dan membuat World Wide Web berjalan. Tetapi, untuk sekarang ini Hacker sering diartikan sebagai orang-orang yang sering melakukan kriminalitas dalam dunia maya. Hacker identik dengan orang-orang yang sering mencuri kartu kredit (carding) atau merusak komputer.
Hal-hal yang dilakukan seorang hacker adalah sebagai berikut:
  1. Menulis software open source
  2. Membantu menguji dan mendebug software open source
  3. Menerbitkan informasi yang bermanfaat
  4. Membantu berjalannya infrastruktur
  5. Mengabdi kepada budaya hacker itu sendiri
Hacker juga mempunyai beberapa tingkatan-tingkatan, yaitu diantaranya:
  1. Elite , mengerti sistem operasi luar dalam, sanggup mengkonfigurasi & menyambungkan jaringa secara global, melakukan pemrograman setiap harinya, efisien & terampil, tidak menghancurkan data-data. Tingkat Elite ini sering disebut sebagai 'suhu'.
  2. Semi Elite , mempunyai kemampuan & pengetahuan luas tentang komputer, mengerti tentang sistem operasi, kemampuan programnya cukup untuk mengubah program eksploit.
  3. Developed Kiddle , umumnya masih muda & masih sekolah, mereka membaca tentang metode hacking & caranya di berbagai kesempatan, mencoba berbagai sistem sampai akhirnya berhasil & memproklamirkan kemenangan ke lainnya.
  4. Script Kiddle , mereka hanya mempunyaipengetahuan teknis networking yang sangat mini, tidak lepas GUI, hacking dilakukan menggunakan trojan untuk menakuti & menyusahkan hidup sebagian pengguna internet.
  5. Lammer , tidak mempunyai pengalaman & pengetahuan tapi ingin menjadi hacker sehingga sering disebut 'wanna-be' hacker.


0 komentar:

Posting Komentar

Pencarian


Silahkan Berkomentar

My Counter