Catatlah Memori Hidupmu

Ambil Hikmah Dibalik Kejadian

Mencegah Kerusakan Flash Disk

Mencegah Kerusakan Flash Disk

Kapan pembaca mengenal Flash Disk? Berapa kali ganti Flash Disk karena rusak? Mengapa Flash Disk anda rusak? Dan apa merk Flash Disk anda?
Untuk memberikan kesimpulan terhadap kerusakan Flash Disk, pembaca harus menjawab dengan baik keempat pertanyaan di atas. Sebab, tanpa jawaban tersebut, kita akan salah dalam menganalisa dan menyimpulkan mengapa Flash Disk cepat rusak sehingga kita sering gonta-ganti Flash Disk. Termasuk sering kehilangan data penting dan terkesan boros.

Jika sebelum Flash Disk di ciptakan. Penyimpanan data dilakukan pada media disket. Walau sekarang masih ada, namun media penyimpanan disket sudah jarang digunakan. Alasannya disket lebih sulit untuk dapat dibawa kemana-mana. Sehingga pilihan jatuh pada Flash Disk sangat tepat. Sebab penyimpanan datanya yang relatif besar, simpel dan mudah digunakan. Sehingga sayangkan jika Flash Disk kita sering rusak.
Supaya Flash Disk tetap terjaga dan bisa bekerja dengan baik, ada beberapa hal yang patut diperhatikan. Diantaranya:
1. Hindarkan dari pengaruh Medan Magnet kuat
Tempat yang mudah terjangkau yang biasanya kita gunakan untuk meletakkan benda-benda kecil diantaranya di atas TV. Jika kebiasaan ini terjadi pada anda, sebaiknya anda tidak melakukan ini pada Flash Disk. Hal ini dikarenakan TV memiliki pengaruh medan magnet yang sangat kuat.
Begitu juga dengan handphone sangat tidak baik untuk Flash Disk. Sehingga saat anda menaruh handphone pada saku, usahakan Flash Disk tidak disimpan dalam saku yang sama atau mungkin dalam tas. Jangan pernah menyimpannya di dekat barang-barang sejenis yang memiliki kekuatan magnet besar.

2. Jangan terkena air

Meski ada beberapa merk yang mengklaim waterproof, menjauhkan Flash Disk dari sentuhan air tetap saja menjadi langkah yang paling aman. Daripada data hilang luntur ditelan air.

3. Virus Scan
Saat pengambilan data atau pemindahan data dari PC ke Flash Disk, sangat mungkin bukan hanya data yang ikut berpindah tapi juga virus-virus yang terdapat di dalam komputer. Apalagi kalau kita mengambil dan menyimpan data dari internet. Waduh Flash Disk kamu bisa dipenuhi virus-virus pengganggu. Makanya, jangan lupa untuk melakukan ritual scan virus secara berkala dengan software antivirus yang tersedia.

4. Proses Eject atau Stop
Selalu melakukan proses eject atau stop sebelum mencabut flash disk dari port usb. Selain bisa menjadikan flash disk rusak, tidak melakukan proses eject atau stop juga dapat mempengaruhi file-file data yang kamu simpan di dalamnya lho...

5. Jauhkan dari tempat panas

Semua barang elektronik tidak terkecuali flash disk sangat rentan dengan yang namanya panas. Apalagi terkena sinar matahari langsung. Jadi usahakan tidak menyimpannya di tempat yang panas dan terkena sinar matahari langsung. Misalnya seperti meninggalkan flash disk di mobil.

6. Hindari benturan keras
Jika flash disk anda sering jatuh, atau sering terbentur benda keras, jangan salah flash disknya jika flash disk sering rusak.

7. Tutuplah selalu
Udara dan lingkungan kita penuh dengan debu dan kotoran. Jika socket flash disk kita jotor maka dapat mengakibatkan proses baca tulis sering gagal. Makanya selalu tutup supaya tidak kotor, jangan malah dihilangkan tutupnya!!...

8. Minimalisir proses
Sekuat apapun benda, pasti akan rusak seiring dengan usia dan frekuensi penggunaan. Termasuk juga flash disk juga memiliki usia. Artinya suatu saat flash disk kita bisa mati dan tidak bisa digunakan lagi. Usia flash disk berbeda-beda, tergantung kualitas dan merk dari flash disk itu sendiri. Biasanya usia flash disk antara 10.000-100.000 kali proses hapus-tulis. Sehingga usahakan untuk meminimalisir proses tersebut dan juga mengedit langsung dari flash disk.

9. Jangan lupa untuk selalu menggunakan perintah “stop” atau “eject” sebelum anda melepas flash disk dari port USB. Selain membuat flash disk cepat rusak, mencabut flash disk secara sembarangan bisa membahayakan data yang ada di dalamnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Pencarian


Silahkan Berkomentar

My Counter